Achmad Zaky Sebagai Pemuda Inspiratif

  • Dipublikasikan oleh Admin Blog
  • 11 Jan 2021
  • 0 kali dibaca

Tulisan kali ini akan menceritakan beberapa insight menarik dari mantan CEO Startup ternama yang tentu banyak memberikan inspirasi bagi pemuda masa kini. Yap, beliau adalah Bang Achmad Zaky. Di suatu kesempatan, beliau membagikan kisah bagaimana dulu beliau menggeluti bidang ini hingga beliau bisa mencapai apa yang beliau impikan.

Menurutnya, kampus adalah tempat yang terbaik untuk kita dalam melakukan eksperimen. Kalau bisa, lakukan apa saja, selagi masih berstatus sebagai mahasiswa dan pemuda. Yang kita tahu bersama, bahwasanya memang ide dan gagasan pemuda itu unik, gila, diluar nalar. Tapi mungkin bisa jadi hal tersebut yang membuat sesuatu dapat menjadi ideal.

Beliau menegaskan pula bahwa yang namanya pemuda itu harus berani menerima tantangan, menerima perubahan, dan berani meleburkan diri kepada sesuatu yang tidak enak. Memang yang namanya pemuda atau mahasiswa itu harus dipaksa untuk keluar dari zona nyamannya.

Dan beliau juga menegaskan hal penting, tentang jebakan yang nantinya mungkin akan menjadi hal yang berat ketika dilewati. Yaitu kerja dan nikah. Dua hal itu dapat menjadi jebakan untuk tidak berkembang. Terlebih lagi jika sudah memiliki momongan. Beliau menyebutnya dengan jebakan batman. Karna adanya jebakan ini, beliau menegaskan untuk segera memikirkan apa lifeplan kita kedepan setelah lulus nanti.

Di era teknologi, apapun, siapapun, dan kapanpun itu bisa mengambil peran dan bagian. Oleh karena itu, jangan sia-siakan peran yang sudah terbuka lebar itu.  Mimpilah dengan mata yang terbuka, jangan memejamkan mata saat bermimpi. Karna dalam mewujudkan mimpi, kita perlu dengan sangat amat mempresentasekannya 10% untuk mimpi, 90% untuk action. Talk less do more!!

Tak lupa beliau juga berbagi tips bagaimana membentuk sebuah tim yang ideal. Perlu diperhatikan ada 3 komponen yang sangat penting dalam pembentukan sebuah tim. Complement, Competent, dan tak lupa yang paling penting ialah Chemistry.

"Habiskan waktu sebaik-baiknya untuk berkarya. Challenge diri kalian dengan maksimal. Curi start! Keluarlah dari zona nyaman!"

 

Artikel Terkait